Zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang membuat bahagia. Gerakannya yang energik selain dapat membakar kalori dan membuat tubuh sehat dan berat badan ideal, nyatanya juga mempengaruhi semangat dalam menjalani hari-hari.

Saat melakukan gerakan-gerakan zumba yang diiringi musik, dapat mengeluarkan hormon yang membuat kamu menjadi senang. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh dari dalam. Sehingga dapat mengusir stres dan membuat hidup menjadi lebih tenang dan santai.

Zumba sendiri dinilai memiliki daya tarik tersendiri sehingga gerakan dan koreografi yang diperlihatkan mengundang orang untuk ikut serta dalam melakukanya. Sehingga setiap orang merasa tertarik dan lalu menginginkan tarian itu lagi dan lagi sehingga adrenalin mereka pun terpacu.

Bagi Anda yang merasa memiliki jasmani yang kuat namun mengalami kelebihan berat badan, maka paling di sarankan guna mengikuti. Mengapa? Simaklah manfaat Zumba untuk tubuh anda :

1. Otot lebih mengencang
Merasa tubuh Anda begitu lembek dan tidak kuat? Anda butuh zumba! Manusia pada lazimnya mempunyai otot yang yang jarang diciptakan untuk olahraga. Sehingga otot itu cenderung kendor dan menciptakan terlihat gendut. Tubuh Anda terlihat tidak menarik karena otot yang mencuat pun tampak seperti tumpukan lemak. Salah satu solusinya dengan jenis yang dapat mengencangkan otot. Gerakan yang dimainkan melibatkan kerja otot. Sehingga dapat menguatkan lengan, pinggang, kaki serta mengencangkan perut. Sehingga dapat tampil ramping dan seksi.

2. Untuk seluruh usia
Senam yang sesuai untuk kalangan seluruh usia! kita tak butuh takut saat pergi senam guna menitipkan anak kemana. Sebab zumba sifatnya flesibel. Cocok guna kalangan seluruh umur. Ketika latihan Anda akan dipecah kesejumlah kelompok. Misal grup anak-anak, remaja, deawsa, dan manula. Hal inidicocokkan dengan keterampilan dan keperluan tubuh anda.

3. Membantu program diet
Anda yang mempunyai berat badan yang berlebih, maka Anda sangat dianjurkan untuk segera mengikuti latihan. Manfaat Zumba di antaranya adalah untuk membakar kalori dan lemak. Ketika Anda melakukan zumba, intesitas lemak menjadi turun. Lalu posisi itu digantikan oleh kalori tubuh. Karena letak lemak berada pada pembakaran tubuh, maka kalori pun dengan sendirinya akan ikut terbakar. Hasil kesudahannya, berat badan Anda turun.

4. Membuat semua tubuh bekerja
Zumba mempunyai tarian dan koreografer yang unik. Penggabungan gerakannya dapat membuat otot tubuh Anda bekerja secara sempurna. Meski Anda merasa lelah nantinya, namun Anda merasa puas. Sebab jenis ini memuaskan semua tubuh Anda untuk bergerak cocok irama.

5. Membuat rasa bahagia
Apa dengan kata lain sekolah tanpa teman? Membosankan! Jauh dari menyenangkan. Itulah inti dari kenyamanan. Zumba membuat Anda bahagia. Latihannya mengharuskan Anda untuk tidak jarang kali tersenyum. Hormone dalam tubuh bila Anda tersenyum bakal menguncur deras dari kelenjar pituitary. Hormone tersebut pun mampu mencegah depressi dan stress. Sangat disarankan untuk Anda yang mempunyai tekanan dalam tubuh.

6. Meningkatkan kegiatan sosial
Ini adalah salah satu manfaat dari kegiatan zumba. Karena kegiatan latihan yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama, maka para peserta akan menjadi gemar untuk berbincang satu sama lain untuk menghabiskan waktu di sela-sela sesi latihan. Oleh karenanya, manfaat Zumba ini juga dinilai dapat menghilangkan stress.

7. Memperbaiki pernafasan
Siapapun Anda, baik jika bekerja sebagai artis di dunia entertiment yang perifernya lebih ke tarik suara, maupun pekerja kantoran, tentulah memerlukan sistem pernafasan yang kuat dan bagus. Salah satu factor pendorong guna mempunyai kekuatan tarikan nafas ialah pelatihan otot anda. Jika otot Anda mampu kencang, maka hasilnya pun bagus. Salah satu olahraga yang dapat memberikan latihan otot ialah zumba.

8. Tampil lebih percaya diri (PD)
Salah satu manfaat Zumba dapat membuat Anda jauh lebih percaya diri dari sebelumnya. Sebab dengan rutinitas yang waktunya continue dapat membentuk diri dan tubuh Anda menjadi jauh lebih bagus. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri. Anda tidak lagi melihat diri Anda sebagai sosok yang gemuk. Anda tidak lagi melihat diri Anda yang mempunyai timbunan lemak di perut. Tapi kini yang Anda lihat ketika bercermin adalah diri Anda yang cantik.

9. Obat Alami ‘AWET MUDA’
Semua otot Anda akan bergerak saat melakukan zumba. Bukan cuma otot di tubuh saja, bahkan otot di wajah pun akan ikut bergerak. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, otot wajah Anda bergerak lebih banyak. Hal ini membuat Anda selalu tampak lebih muda.

10. Merefresh pikiran
Zumba membuat Anda lebih sehat. Sebab saat melakukan olahraga jenis aerobik ini, otot jantung memompa darah ke seluruh anggota tubuh dan terjadilah pertukaran darah dari yang lebih cepat dari seluruh tubuh ke jantung. Selain itu, dampaknya juga akan terjadi peredaran darah di otak yang lebih lancar. Otak segera mendapat asupan oksigen lebih banyak, sebab darah bersih yang dari jantung membawa oksigen. Alhasil, pikiran Anda akan lebih fresh dari sebelumnya.

11. Banyak variasinya
Siapa sangka zumba yang Anda dapatkan selalu saja di depan cermin dan lantai luas. Tidak! Anda dapat mengikuti sesi latihan Aqua Zumba. Lokasi yang digunakan kali ini sedang di dalam air. Menantang sekali, bukan? Tentu saja, Sebab bukan hanya udara saja yang menjadi penghalang gerakan Anda. Namun beban diri Anda serta halangan air di sekeliling anda. Tantangan lebih banyak dan berat. Jika Anda memiliki nyali yang cukup besar, silakan coba karena manfaat Zumba yang satu ini akan terasa lebih besar.

12. Lebih sehat
Dengan rutin melakukan olahraga aerobik zumba, maka Anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Hal ini lantaran pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat terjadi dan dengan darah bersih segera memompa sel-sel Anda, membuatnya menjadi lebih sehat.

13. Semakin bersemangat
Melakukan zumba dapat meningkatkan motivasi dalam diri anda. Koreografer akan memberikan dorongan untuk Anda agar dapat bergerak lebih dan Anda pun mengikutinya. Apalagi mode gerakan yang ditampilkan ialah hip hop, dance dan salca, walaupun kadang Anda akan dipandu untuk melakukan gerakan yang serupa dengan senam. Musik pengiringnya yang memberikan hentakan tubuh ditambah dengan adanya irama yang pas, akan memubaut tubuh Anda bergoyang.

Persiapan untuk melakukan olahraga Zumba

1. Batasi jam makan terakhir setidaknya 2 jam sebelum mengikuti kelas zumba
Karena gerakan dalam zumba cukup enerjik dan lumayan ‘mengocok’ perut, jadi usahakan untuk membatasi jam makan terakhir sebelum mengikuti kelas zumba, setidaknya 2 jam lah. Usahakan makanannya yang ringan-ringan saja, namun cukup memberikanmu tenaga seperti roti gandum, sereal, atau sejenisnya.

2. Minum air putih setidaknya 30 menit sebelum berzumba untuk asupan cairan selama latihan
Minum cukup air putih sebelum latihan berguna untuk menyediakan asupan cairan dan mencegah dehidrasi selama latihan berlangsung. Air juga berfungsi sebagai antioksidan agar oksigen nggak banyak terbuang saat berolahraga. Baiknya kamu sudah minum 1.200 ml air mineral sebelum latihan, bukan cairan lain seperti jus atau lainnya. Kamu juga dianjurkan untuk menyediakan air putih untuk diminum di sela-sela mengikuti latihan.

3. Jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman, terutama sepatunya
Pilihlah pakaian yang nyaman dengan bahan lentur dan menyerap keringat. Hindari pakaian yang terlalu longgar, pilih yang pas di tubuh dan nggak bikin gerah. Lebih dari itu, pilih sepatu olahraga yang empuk dan pas ukurannya karena latihan zumba menitikberatkan pada gerakan kaki dan pinggul. Jadi biar lebih nyaman gerakanmu nantinya.

5. Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan dimulai, apalagi kalau kamu sudah lama nggak olahraga
Karena gerakannya yang cukup intens, risiko cedera pada latihan zumba ini tergolong tinggi loh. Maka, pemanasan sangat penting untuk mempersiapkan otot dan pernapasanmu lebih baik sebelum mengikuti latihan. Jangan sampai ujug-ujug kamu jogat-joget aja sementara badanmu belum ‘dipanasi’ sebelumnya.

6. Jaga kondisi tubuh sebelum mengikuti latihan
Menjaga kondisi tubuh sangat penting demi efektivitas latihan zumba yang dilakukan. Usahakan kamu nggak dalam kondisi yang lelah atau kecapekan mengingat zumba termasuk dalam latihan kardio yang membutuhkan stamina yang cukup fit. Kamu nggak mau kan, tumbang di tengah-tengah latihan akibat kelelahan?

 

Simak juga artikel lainnya : perbedaan mini soccer dengan futsal.

https://www.sportsclubpm.com/5-beda-mini-soccer-dengan-futsal-keduanya-aman-untuk-anak/

Article by Splash Swimming Pool & Gym

Splash Swimming Pool & Gym berada di dalam komplek perumahan Taman Semanan Indah, Jakarta Barat. Kolam renang yang berdiri sejak lebih dari 20 tahun ini, merupakan area kolam renang terbesar di Jakarta Barat untuk sebuah Sports Club. Fasilitas lainnya seperti lapangan basket, lapangan tenis, aerobic studio, tempat gym dengan peralatannya yang cukup lengkap. Adapun fasilitas pendukung olahraga lainnya seperti shower room, locker, lounge, free mineral water, cafe, dan lapangan parkir. Splash Swimming Pool & Gym menyediakan sarana Banquet untuk merayakan moment special seperti office/ family gathering, birthday party, dan sebagainya.

0 Comments

Leave your comment