Tidak sedikit dampak positif yang akan Anda dapatkan saat melakukan olahraga secara teratur. Saat ini, jenis olahraga yang bisa Anda lakukan pun terbilang cukup banyak. Ada jogging, senam, berenang dan masih banyak lagi. Jenis olahraga yang paling umum dilakukan semua wanita ialah senam body language. Apa itu senam body language? Dan apa pula fungsinya untuk tubuh?

Senam ini tergolong ke dalam senam aerobic. Ketika Anda melakukan senam body language, otot-otot pada wilayah perut dan pinggul dipaksa untuk mengalami kontraksi. Oleh karena itu, aktivitas olahraga ini merupakan penolong Anda dalam membentuk tubuh yang lebih langsing dan menurunkan berat badan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat senam body language yang harus Anda tahu.

  1. Membentuk tubuh

Semua perempuan pasti memiliki impian untuk mempunyai tubuh yang langsing dan ideal. Oleh sebab itu tidak sedikit wanita yang melakukan pengorbanan dengan berbagai cara agar didapati tubuh yang ideal. Nah, daripada repot-repot, cobalah senam body language. Senam ini terbukti dapat membantu Anda dalam mendapatkan tubuh ideal.

Gerakan-gerakan senam ini terpusat pada anggota tubuh bagian bawah, terutama pada otot-otot pinggul, perut, paha, bokong dan juga tangan. Bagian inilah yang menjadi titik konsentrasi membentuk tubuh ideal pada wanita. Bagian tubuh itu seringkali mempunyai kandungan lemak paling banyak. Dengan melakukan senam body language, maka akan terbentuklah bagian-bagian tubuh yang bebas lemak dan kencang.

  1. Lebih sehat

Manfaat senam body language yang selanjutnya ialah membuat tubuh lebih sehat. Memang seluruh jenis olahraga dapat membuat tubuh lebih sehat. Namun, dengan manfaat senam body language tidak hanya akan membuat tubuh lebih sehat, tapi juga mampu menolong perbaikan dan optimasi kerja jantung lebih sehat dan ritme pernapasan lebih bagus. Ketika jantung dan pernapasan Anda lancar, maka bagian lain dari tubuh pun akan ikut merasakan dampak positifnya.

  1. Menurunkan berat badan

Senam body language menjadi opsi yang paling tepat untuk Anda yang selalu mengalami kesulitan diet. Salah satu manfaat senam body language yang sangat ampuh ialah kemampuannya untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Senam body language tergolong senam aerobic dimana semua gerakannya akan memperkuat dan memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Ketika sistem metabolisme meningkat, maka pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh pun meningkat. Ini akan berujung pada penurunan berat badan secara sehat.

  1. Meningkatkan Keharmonisan Keluarga

Dengan rutin melakukan senam body language, maka Anda akan mengalami pengencangan otot di daerah kewanitaan. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hubungan seksual Anda dengan suami.

Sumber gambar: aywan.net

Kapan Sebaiknya Melakukan Olahraga?

Untuk mendapatkan manfaat dari senam body language semakin maksimal. Anda pun harus selalu konsumsi makanan yang bergizi dan menata pola hidup yang lebih sehat. Dengan begitu impian Anda akan tubuh yang ideal semakin tercipta. Senam body language dapat dilakukan 3 kali dalam seminggu. Anda dapat melakukannya dengan durasi sekitar 30 hingga 60 menit per harinya. Jika Anda konsisten dan displin, tubuh Anda akan semakin estetis dan tubuh pun lebih kencang.

Untuk merasakan manfaat senam body language yang optimal, maka momen terbaik untuk mengerjakan olahraga ialah pada pagi hari dimana tubuh sudah kembali segar sesudah istirahat dan mengalami perbaikan sel tubuh.

Berikut ini ialah beberapa hal mengenai kapan seharusnya mengerjakan olahraga:

  1. Lakukan pada pagi hari, sebab tubuh siap untuk memulai hari, pikiran dan tubuh terasa lebih segar dan sel tubuh sudah melakukan perbaikan terhadap berbagai kerusakan sewaktu Anda tidur
  2. Untuk hasil yang terbaik, kerjakan latihan setiap hari secara rutin. Lebih baik aerobik jika Anda melakukan latihan body language sekitar 30-45 menit di setiap hari, daripada dilaksanakan selama 1,5 jam namun hanya sesekali saja.
  3. Jangan mulai olahraga ketika perut kosong, makanlah setidaknya 2 jam sebelum mengerjakan olahraga.

Gerakan Body Language

Sumber gambar: tampilcantik.com

Gerakan senam yang dilaksanakan saat body language ini memberikan efek yang menyeluruh untuk bentuk tubuh terutama pada bagian lengan, dada, perut, paha, panggul, payudara serta bagian-bagian tubuh lainnya.

Senam body language tidak selamanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengalami penurunan berat badan, tetapi juga bagi mereka yang merasakan kesulitan dalam menaikkan berat badan.

Jika seseorang yang mengalami kelebihan berat badan berlebih sangat disarankan untuk mengerjakan senam body language paling tidak tiga kali seminggu dan masing-masing selama satu jam. Disamping itu, disarankan juga agar melakukannya dengan kombinasi senam aerobik yang dilaksanakan dua kali setiap minggu.

Sementara orang yang mempunyai postur kurus, maka latihan dilaksanakan tiga kali masing-masing minggu dengan durasi antara 30 menit sampai 45 menit. Namun, dapat juga dilakukan selama sekitar satu jam.

Untuk pemula, tahapan yang paling dasar dan mudah untuk cepat memulai berolahraga body language adalah sebagai berikut.

  • Latihan Mengencangkan dan Menguatkan Leher Dan Wajah

Masukkan bibir ke dalam ke arah bawah gigi. Lalu buka mulut dan senyumlah selebar mungkin. Gunakan ujung jari guna menahannya, kemudian pijat-pijatlah area bawah wajah dengan ujung-ujung jari. Lakukan gerakan melingkar dari dagu ke arah belakang hingga ke telinga. Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama sepuluh kali hitungan lambat.

  • Menguatkan dan Mengencangkan Dada

Dilakukan dengan teknik berbaring di matras / kasur dengan bantalan kepala dan satu bantal lagi diletakkan di belakang punggung. Bagian bawah punggung diatur agar menekan ke bawah. Tekuk kedua lengan ke arah punggung dengan gerakan ke depan/ke arah dada dengan siku lurus ke depan, selanjutnya gerakkan tangan lurus ke arah samping.

Lakukan gerakan di atas dengan lembut tanpa harus terburu-buru. Ulangi gerakan hingga 20-30 kali. Kegunaannya ialah di samping mengencangkan dada, gerakan tersebut pun dapat menguatkan dan mengencangkan kedua lengan kita.

  • Mengencangkan dan Merampingkan Perut

Duduk tegak lurus di kursi, pegang kuat-kuat kedua sisi kursi. Angkat lutut dengan kedua kaki ke dada. Pastikan badan belakang tegak lurus dan otot perut pun dikencangkan. Rentangkan kaki ke depa dan tahan selama sekitar tiga detik. Kemudian, turunkan secara perlahan-lahan ke bawah ke posisi semula. Ulangi terus selama 12 – 15 menit.

  • Latihan Kekuatan dan Keseimbangan

Berdiri menyamping kira-kira 60 cm (24 derajat) dari tembok sembari menekuk siku ke atas. Ayun dan luruskan tangan ke depan ke arah tembok. Perlahan-lahan sandarkan ke tembok. Lalu, lakukan gerakan mendorong badan ke arah semula. Lakukan selama delapan kali dalam satu posisi dan dilanjutkan ke posisi yang lain.

  • Memperindah Pinggul

Berdiri di samping meja yang kira-kira tingginya sepinggang. Kemudian ayunkan kaki kanan dan ke belakang sejauh mungkin. Lanjutkan pada kaki kiri. Lakukan berulang-ulang dengan durasi beberapa menit.

Bila olahraga Body Language ini dilaksanakan secara tertata – 2 kali seminggu, atau bahkan sesering Anda mau dengan tetap menjaga konsistensi latihan, maka manfaat senam body language akan segera dirasakan. Badan Anda akan terbentuk estetis dan tampak sebagus yang Anda inginkan.

Article by Splash Swimming Pool & Gym

Splash Swimming Pool & Gym berada di dalam komplek perumahan Taman Semanan Indah, Jakarta Barat. Kolam renang yang berdiri sejak lebih dari 20 tahun ini, merupakan area kolam renang terbesar di Jakarta Barat untuk sebuah Sports Club. Fasilitas lainnya seperti lapangan basket, lapangan tenis, aerobic studio, tempat gym dengan peralatannya yang cukup lengkap. Adapun fasilitas pendukung olahraga lainnya seperti shower room, locker, lounge, free mineral water, cafe, dan lapangan parkir. Splash Swimming Pool & Gym menyediakan sarana Banquet untuk merayakan moment special seperti office/ family gathering, birthday party, dan sebagainya.

0 Comments

Leave your comment