Olahraga bulutangkis memang kerap dimainkan banyak orang. Selain relatif mudah dilakukan, bulutangkis juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, bisa menghilangkan stres dan memberi ketangkasan yang lebih pada tangan. Tetapi jika langsung melakukan olahraga bulutangkis tanpa melakukan pemansan, maka dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan sendi.

Pemanasan juga juga perlu dilakukan sebelum bermain bulutangkis agar meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot. Berikut adalah tiga langkah pemanasan yang tepat sebelum main bulutangkis.

  1. Hangatkan Tubuh dan Tingkatkan Detak Jantung

Untuk meningkatkan detak jantung Anda, lakukan latihan yang membutuhkan gerakan dari seluruh bagian tubuh. Ada banyak cara untuk melakukanya, di antaranya yakni berlari kecil di sekitar lapangan dan juga bisa latihan lompat dengan alat skipping. Lakukan dua langkah itu dengan durasi sekitar dua sampai tiga menit untuk meningkatkan detak jantung Anda. Pada akhir latihan, tubuh akan terasa lebih hangat dan jantung Anda akan berdetak lebih cepat.

  1. Meregangkan Otot

Saat tubuh mulai terasa hangat, lakukan beberapa latihan peregangan untuk melemaskan otot-otot Anda. Latihan peregangan otot bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan meminimalisir kemungkinan cedera. Latihan peregangan otot hanya bisa dilakukan setelah tubuh Anda terasa lebih hangat, karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan langkah yang pertama untuk menghangatkan dan meningkatkan detak jantung anda. Lakukan peregangan otot sekitar 10 menit.

  1. Latihan Memukul

Selanjutnya, lakukan beberapa pukulan di lapangan bulutangkis bersama teman Anda untuk merasakan permainan dan juga untuk memaksimalkan kinerja selama pertandingan. Manfaatkan sesi latihan ini untuk membuat Anda nyaman di atas lapangan. Latihan memukul sebelum bermain bulutangkis sangat penting untuk membantu Anda mencapai performa terbaik. Sambil melakukan latihan bulu tangkis dengan teman, Anda juga bisa melakukan beberapa cara seperti memukul kok dengan tangan kanan, posisi dari sebelah kiri (Backhand) dan memukul menggunakan tangan kanan dari arah kanan (Forehand), merubah ke beberapa gaya memukul, melakukan smash dan sedikit maju ke depan untuk melatih pukulan net. Lakukan sekitar lima sampai sepuluh menit latihan memukul tadi hingga mencapai performa terbaik anda.

Simak artikel lainnya https://www.sportsclubpm.com/sudahtahu-belum-apa-itu-olahraga-aerobik-dan-manfaat-sehatnya/

Article by Splash Swimming Pool & Gym

Splash Swimming Pool & Gym berada di dalam komplek perumahan Taman Semanan Indah, Jakarta Barat. Kolam renang yang berdiri sejak lebih dari 20 tahun ini, merupakan area kolam renang terbesar di Jakarta Barat untuk sebuah Sports Club. Fasilitas lainnya seperti lapangan basket, lapangan tenis, aerobic studio, tempat gym dengan peralatannya yang cukup lengkap. Adapun fasilitas pendukung olahraga lainnya seperti shower room, locker, lounge, free mineral water, cafe, dan lapangan parkir. Splash Swimming Pool & Gym menyediakan sarana Banquet untuk merayakan moment special seperti office/ family gathering, birthday party, dan sebagainya.

0 Comments

Leave your comment