Memiliki tubuh yang berisi namun kencang merupakan dambaan setiap individu. Beragam cara untuk mempunyai tubuh seperti itu bisa dilakukan. Salah satunya dengan olahraga, bisa dalam bentuk fitness, atau group class activity yaitu aerobik, zumba, tae bo, yoga dan sebagainya. Semua ragam latihan tersebut disesuaikan dengan tujuannya. Jika untuk menambah massa otot, bisa dilakukan dengan strength training atau group class sculpt.

Berikut beberapa tips ketika akan memulai gym activity sebagai aturan dasar dalam membangun massa otot.

1. Perbanyak Informasi Sebelum Latihan Gym

Hal ini sangat diperlukan pada awalnya. Kamu bisa mencari beragam informasi yang tersedia secara offline maupun online yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Beragam cara dan metode tersedia lengkap di sana. Bahkan beberapa public figure turut serta meramaikan jagat informasi tentang penambahan massa otot tubuh.

Sebagian dari mereka bahkan ada yang sudah menerbitkan buku khusus mengenai pembentukan badan dengan gym. Kamu akan mempelajari secara lengkap supaya tidak salah dalam menambah dan mempertahankan massa otot. Cara dan tips yang mereka contohkan dalam youtube, ebook, atau buku akan sangat menginspirasi, yang berguna sebagai panduan dasar.

2. Mengatur Jadwal Latihan

Setelah mengetahui secara rinci tentang informasi gym, kini saatnya mulai memilih dan menentukan tempat latihan gym yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya yang memiliki multi sport venue dan memiliki area indoor dan outdoor akan lebih menguntungkan dan untuk menghindari rasa bosan. Di sana kamu tidak perlu khawatir, jika masih pemula akan ada Trainer inhouse yang membimbing. Kamu bisa berkonsultasi dengan Personal Trainer untuk mengatur kapan waktu yang tepat sesuai dengan konsep FITTE (Frequency, Intensity, Time, Type dan Enjoy).

Jika tempat gym sudah ditentukan, mulailah atur ritme latihan. Saran dari mereka yang berpengalaman tentang gym, latihan untuk pemula seminggu hanya 3 kali atau sesuai dengan kemampuan proses recovery otot. Seiring berjalannya waktu bisa dilakukan rutin setiap hari dalam seminggu.

Ada beberapa jadwal pembentukan otot yang dipisah-pisah per bagian tiap harinya. Hari pertama latihan mencakup total body workout, hari berikutnya upper body vs lower body atau otot besar vs otot kecil.

3. Tentukan Tujuan Gym

Ketika sudah mengetahui tahapan pembentukan massa otot, kamu harus memperhitungkan juga tujuan latihan apakah untuk lean body, build muscle? Jika terkait pembentukan dan menambah massa otot, tanyakanlah pada instruktur gym atau Personal Trainer tentang tips membangun massa otot supaya lebih terarah dan terukur yang disesuaikan kondisi tubuhmu.

Karena gym juga memberikan kecepatan penambahan massa otot yang dalam seminggu biasanya bisa berada pada nilai 500 gram massa otot yang bertambah.

4. Atur Pola Makan

Ibarat kendaraan, performa akan bagus bila sering dilakukan pemeliharaan mesin dan body kendaraan. Begitu juga dengan tubuh kita. Performa bisa bagus terutama otot, jika asupan nutrisi dari makanan kamu tepat. Untuk pembentukan massa otot kombinasi nutrisinya harus di sesuaikan dengan pola latihan. Misalnya pada saat latihan strength persentase protein harus lebih banyak dari lemak dan karbohidrat, supaya proses recovery dan perkembangan otot lebih cepat.

5. Penambahan Suplemen

Upaya untuk menambah massa otot, harus diimbangi dengan konsumsi suplemen. Suplemen dibutuhkan jika memang pola latihannya termasuk heavy atau latihan berat, karena tubuh tidak sepenuhnya dapat memproduksi dengan cepat zat untuk mendukung perkembangan otot. Suplemen khusus untuk otot ini bisa kamu dapatkan dengan konsultasi ke personal trainer dan ada baiknya yang memang pure plant base yang kecil efek sampingnya.

Inilah beberapa hal yang perlu kamu pahami sebagai pelaku gym pemula. Tidak hanya aktivitas fisik saja, pola makan dan tambahan suplemen juga diperlukan. Karena massa otot merupakan satu kesatuan yang utuh dari tubuh manusia, maka wajib dijaga secara seimbang.

 

Article by Splash Swimming Pool & Gym

Splash Swimming Pool & Gym berada di dalam komplek perumahan Taman Semanan Indah, Jakarta Barat. Kolam renang yang berdiri sejak lebih dari 20 tahun ini, merupakan area kolam renang terbesar di Jakarta Barat untuk sebuah Sports Club. Fasilitas lainnya seperti lapangan basket, lapangan tenis, aerobic studio, tempat gym dengan peralatannya yang cukup lengkap. Adapun fasilitas pendukung olahraga lainnya seperti shower room, locker, lounge, free mineral water, cafe, dan lapangan parkir. Splash Swimming Pool & Gym menyediakan sarana Banquet untuk merayakan moment special seperti office/ family gathering, birthday party, dan sebagainya.

0 Comments

Leave your comment